BANGUN RUMAH ATAU RUMAH TANGGA DULU ?

Apa yang terbesit di benakmu ketika ditanya mau pilih nikah atau punya rumah dulu? Bisa dibilang menjawab pertanyaan tersebut, jawabannya tergantung dengan situasimu saat ini.

Jawaban idealnya, bisa saja mewujudkan kedua-nya apalagi jika kamu sudah memiliki calon pasangan yang siap untuk diajak ke pelaminan. Lalu setelah menikah langsung bisa tinggal di rumah sendiri tak perlu numpang tinggal di rumah mertua.

Daripada galau dengan pertanyaan ini, berikut solusi untuk menyesuaikan kemampuanmu !

  • Jika Membeli Rumah Lebih Dulu

Kalau pondasi rumah adalah semen, batu bata , pasir dll . Maka sama hal nya dengan menikah pondasi nya adalah kasih sayang , kepercayaan, dan komitmen .

Membeli rumah merupakan hal yang tidak sembarangan , Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terutama soal dana jika ingin membeli rumah lebih dulu sebelum menikah.

Mulai mengatur pengeluaran bulanan untuk tabungan uang muka, yang nantinya beralih menjadi dana cicilan. Alokasinya 30 persen dari pemasukan. Memastikan harga rumah yang dibeli tidak melebihi 5 kali penghasilan tahunan.

Jika rumah akan dibeli berdua, maka penghasilan setahun adalah penghasilan gabungan. Memiliki dana darurat minimal 6 kali jumlah cicilan . Di samping persiapan tersebut, penting Anda ketahui harga properti akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Karena itu, jika Anda ingin membeli rumah dulu dibanding menikah, pastikan dana dan syarat lainnya sudah siap dipenuhi.

  • Jika Menikah Lebih Dulu

Sementara itu, jika Anda memilih untuk menikah lebih dulu dibanding membeli rumah, maka Anda bisa tinggal di rumah orang tua lebih dulu sambil mengumpulkan uang untuk membeli rumah.

Untuk segera bisa membeli rumah setelah menikah pun tak mustahil dilakukan. Pasalnya, biaya menikah itu murah, hanya biaya pesta atau resepsinya yang mahal.

Jika Anda memiliki dana cukup, resepsi bisa dilakukan secara sederhana dan sisa dana lainnya dialokasikan untuk membeli rumah.

Nah, jadi mau menikah dulu atau beli rumah dulu? Pikirkan dengan bijak dengan mempertimbangkan beberapa hal supaya Anda tidak menyesalinya.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat