6 TIPS JAGA DAYA TAHAN TUBUH SAAT MUSIM HUJAN

Pada musim hujan, kita perlu menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit. Pasalnya, suhu udara yang dingin dan kelembapan udara yang tinggi membuat bibit penyakit semakin mudah menyebar sementara daya tahan tubuh menurun.

Oleh karena itu, semua orang perlu mengantisipasi dan mencegah penyakit dengan cara menjaga daya tahan tubuh. Berikut 6 hal yang perlu Anda lakukan .

  1. Menjaga pola makan

Gizi yang seimbang bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman. Pastikan makanan dan minuman Anda mengandung vitamin B, vitamin C, seng dan vitamin D. Batasi konsumsi gula, garam dan minyak berlebih.

Probiotik, seperti yogurt, tahu, tempe atau fermentasi sayuran seperti acar juga penting untuk membantu menjaga kesehatan usus dan melancarkan sistem pencernaan.

  1. Rutin berolahraga

Hal lain yang perlu dilakukan adalah olahraga secara rutin. Pasalnya, olahraga juga berperan dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh.

Selain itu, pada musim hujan yang dingin, olahraga menjaga suhu tubuh tetap hangat, sirkulasi darah lancar dan massa otot.

  1. Menjaga kualitas tidur

Anda juga memerlukan tidur yang cukup agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Rekomendasi waktu tidur per hari sesuai usia: 3-5 tahun: 10-13 jam , 6-13 tahun: 9-11 , jam 14-17 tahun: 8-10 jam , 18-64 tahun: 7-9 jam , lebih dari 65 tahun: 7-8 jam

  1. Mengelola Stres

Stress yang tidak dikelola dengan baik juga bisa menurunkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, kelola stres Anda, misalnya dengan relaksasi atau sekedar jalan diluar .

  1. Menjaga tubuh tetap hangat

Suhu udara yang lebih dingin pada musim hujan juga bisa menurunkan ketahanan tubuh. Oleh karena itu, jaga agar tubuh tetap hangat dengan selalu membawa payung atau jas hujan. Gunakan juga pakaian yang cukup tebal atau jaket, dan konsumsi minuman hangat seperti jahe atau teh .

  1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Musim hujan juga membuat air mudah tergenang yang membuat nyamuk cepat berkembang biak . Untuk menangkalnya, lakukan gerakan 3M secara rutin yakni menguras dan menutup bak air serta menimbun barang bekas atau benda yang memungkinkan menampung genangan air.

Kebersihan diri juga penting ,mandi maksimal 2-3 x sehari . Gunakan air hangat, khususnya jika tubuh basah karena terkena air hujan.

Semoga kita semua terlindung dari berbagai penyakit khususnya saat musim hujan , tetap jaga dan lakukan tips diatas ya guys ! Semoga bermanfaat ..

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat