6 JENIS KACA BESERTA FUNGSINYA

Kaca memiliki peran yang sangat penting dalam konstruksi bangunan. Hampir seluruh bangunan yang ada pasti mempunyai kaca. Secara umum, fungsi dari kaca tentunya untuk membuat ruangan Anda menjadi tidak gelap dan membiarkan cahaya alami dari matahari bisa masuk ke dalam dengan mudah.

Rumah yang memiliki pencahayaan alami tentunya akan menjadi lebih terang dan terasa lebih hangat.

Selain itu juga Anda akan menjadi lebih hemat listrik dan tidak membutuhkan pencahayaan tambahan ketika siang hari. Inilah 6 jenis kaca dan fungsinya yang berbeda-beda:

  1. Kaca bening
    Kaca bening ini merupakan jenis kaca yang paling sering digunakan, karena memiliki transparansi yang tinggi sehingga dapat meneruskan cahaya dengan baik. Sangat cocok untuk kaca jendela dirumah Anda .
  2. Kaca Low-E
    Selanjutnya ada kaca jenis low-E , Kaca ini memiliki lapisan yang dapat menyerap panas dan radiasi inframerah, sehingga dapat mengurangi panas dan meningkatkan efisiensi energi.
  3. Kaca Anti Pecah
    Jenis kaca yang selanjutnya adalah kaca anti pecah. Kaca ini memiliki kelebihan seperti lapisan yang kuat dan kedap air, sehingga dapat melindungi dari ancaman keamanan seperti pecah atau retak.

Sangat aman untuk digunakan pada bangunan yang memiliki risiko kecelakaan tinggi.

  1. Kaca sandblasting
    Jenis kaca ini memiliki permukaan yang halus dan tidak berpori, sehingga dapat memantulkan cahaya secara tepat dan membuat gambar terlihat jelas.
  2. Kaca Photochromatic
    Kaca ini umumnya dipakai pada berbagai tempat seperti ruang kantor, ruang Intensive Care Unit ataupun ruangan penting yang lainnya. Kelebihan dari kaca ini adalah kemampuannya dalam melindungi bagian dalam ruangan dari cahaya matahari yang masuk.

Sinar matahari akan disebarkan dan menjadi tidak terfokus, sekaligus mengurangi panas yang masuk.

  1. Kaca jendela kedap suara
    Memiliki lapisan yang dapat menyerap suara, sehingga dapat mengurangi kebisingan. Kaca jendela kedap suara biasanya digunakan untuk ruangan kantor, kamar tidur, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis kaca beserta fungsinya. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis kaca tersebut sesuai dengan kebutuhannya pada tempat tinggal Anda .

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat