Perhatikan Beberapa Aspek Berikut Sebelum Membeli Rumah di Perumahan

Rumah Tuban Dijual

 

Membeli rumah di perumahan ibarat seperti membeli buah di pasar. Banyak pilihannya namun Anda harus memperhatikan kualitasnya. Sama seperti membeli rumah pada umumnya, membeli rumah di perumahan juga memerlukan pertimbangan secara matang serta kroscek langsung ke lokasi agar Anda bisa menentukan pilihan Anda secara tepat. Oke, mungkin banyak sekali tawarannya. Ibarat membeli buah tadi, Anda pasti bingung bukan ingin membeli buah di pasar yang mana. Dengan pertimbangan dari segi harga, kualitas, ketersediaan, dan sebagainya. Nah, membeli rumah di perumahan juga seperti itu. Ada banyak sekali perumahan  di kota Anda yang menawarkan rumah, namun Anda tidak tahu mana yang terbaik. Agar Anda tidak pusing-pusing, berikut ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan sebelum membeli rumah di perumahan.

  • Bagaimana Suplai Air Bersihnya

Suplai air bersih memang sering menjadi permasalahan. Terutama di kota-kota besar suplai air bersih seringkali tersendat dan kualitasnya sering juga menjadi keluhan. Sumur bor memang bisa menjadi alternatif solusi, namun saat ini sumur kian tercemar akibat limbah pabrik, sehingga bisa mengganggu kesehatan apabila dikonsumsi. Untuk itu, Anda perlu menanyakan kepada developer terkait suplai air bersihnya. Apakah menggunakan PDAM atau sumur. Ada baiknya juga menanyakan kepada tetangga yang ada disana mengenai kualitas airnya.

  • Pastikan Kelengkapan Fasilitasnya

Komplek perumahan pada umumnya juga memberikan fasilitas umum yang lengkap seperti kolam renang, penampungan air, jaringan listrik dan telepon, alat pemadam kebakaran, pengelolaan air limbah, sarana ibadah, dan tempat kesehatan. Namun biasanya developer tidak membangun semua fasilitas tersebut dari awal karena akan mengeluarkan biaya yang tinggi di awal. Pembangunan fasilitas yang bertahap akan meningkatkan nilai properti sesuai dengan tingkat pengembangan fasilitasnya. Namun ada juga developer yang mengingkari untuk membangun fasilitas. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan kepada developer bahwa fasilitas-fasilitas yang ditawarkan lengkap dan benar-benar dibangun.

  • Perhatikan Kualitasnya

Kualitas sebenarnya merupakan sesuatu yang relatif. Dalam artian, belum ada badan khusus untuk menilai standar kualitas bangunan dan perumahan yang bagus. Namun Anda bisa menilai sendiri kualitas perumahan dengan memperhatikan kondisi fisik bangunan rumah, jalan, maupun lingkungannya.

Demikianlah beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah di perumahan. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan warga sekitar lingkungan perumahan, guna mendapatkan keamanan dan kenyamanan. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan