KESAL KARENA RUMAH LEMBAB AKIBAT REMBESAN AIR PADA DINDING? INI DIA SOLUSINYA

Pada saat musim hujan, seringkali air merembes pada dinding sehingga suasana di rumah menjadi lembab. Air yang merembes biasanya akan menimbulkan bercak-bercak lembab yang mengandung molekul-molekul air pada dinding. Keadaan yang demikian pastinya membuat Anda merasa kesal bukan karena suasana rumah yang lembab menjadikan rumah terasa kurang nyaman. Jika Anda sedang mengalami hal ini, segera periksa penyebab air bisa merembes ke dinding agar dapat ditemukan solusi untuk mengatasinya. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan rembesan air pada dinding beserta solusinya.

  1. Air permukaan tanah naik

Air tanah masuk ke dalam dinding melalui kapiler material semen. Mengapa bisa seperti itu? Karena rendahnya kualitas material plesteran baik dinding luar maupun dalam. Sehingga biasanya menyebabkan adanya bercak lembab yang lokasinya di bawah 1 meter pada dinding rumah.

Solusinya adalah Anda harus mengerok plateran kurang lebih 1 meter dari permukaan, kemudian ganti dengan plesteran baru dimana komposisi pasir dan semen 3:1, lalu lakukan pengecatan sesuai dengan prosedur yang benar.

  1. Ada pipa air yang bocor

Salah satu penyebab air merembes ke dalam dinding kemungkinan disebabkan adanya pipa yang bocor. Biasanya terindikasi kurang lebih 1 meter dari dinding dasar dan bercak basahnya mudah terlihat. Solusinya adalah dengan mengganti pipa yang bocor, kemudian plester dengan komposisi material yang benar.

  1. Dinding luar belum diplester

Jika dinding bagian luar belum diplester, maka biasanya akan lembab. Air hujan akan masuk ke dalam material dinding melalui daya kapiler dan meresap melalui pori-pori material sehingga membentuk pola air pada dinding. Solusinya adalah plesterdinding luar dengan perbandingan material 1:3, kemudian tunggu kurang lebih 2 minggu agar plesteran kering lalu diaci.

  1. Air merembes dari celah dinding

Adanya celah pada rumah kita yang berbatasan dengan rumah tetangga membuat air merembes masuk dari celah kedua dinding tersebut. Solusinya adalah tutup celah itu dengan plesteran kemudian lapisis dengan pelapis anti bocor.

  1. Air merembes dari kamar mandi

Rembesan air dari kamar mandir bisa disebabkan oleh sambungan pipa air yang rusak atau putus serta kualitas material plesteran yang kurang baik. Solusinya adalah perbaiki sambungan pipa air yang rusak atau putus, kemudian kerok plesteran dan ganti dengan plesteran yang baik.

 

Itulah beberapa penyebab rembesan air pada dinding rumah beserta solusi untuk mengatasinya. Semoga bisa membantu Anda.

Tinggalkan Balasan