Hanya Dengan 5 Hal Ini Appraisal KPR Anda Tidak Akan Tertolak | Jual Rumah di Tuban

Appraisal atau Penilaian Agunan adalah proses yang tak terpisahkan dalam pembelian rumah dengan sistem KPR. Ini adalah proses kedua yang dilakukan oleh pihak bank setelah anda menyerahkan dokumen penunjang KPR.

Tidak semua rumah bisa di nilai sama dengan harga penjual. Pihak bank mempunyai aturan sendiri guna menilai berapa rupiah rumah yang akan di jadikan agunan.

Ini dia 5 hal yang dinilai bank dalam proses appraisal.

#1 Lokasi (+Aksesnya)
Kuncinya sebenarnya bukan di lokasi, tapi trafic yang ada di daerah rumah itu. Apakah rumah tersebut mudah di akses dari jalan besara atau tol yang traficnya padat? Jika iya maka memang benar harga rumah itu mahal dan bank bisa menilai tinggi.

#2 Daerah Rawan Bencana
Ini merupakan bagian risk management di bank yang sangat teliti sekali. Jika agunannya berada di daerah bencana alam maka nilai appraisalnya akan rendah. Jangan mau beli kalau ada developer yang menjual di daerah bencana dengan harga tinggi.

#3 Kondisi Rumah
Dinding, genteng, saluran air, dan listrik tak akan luput dari penilaian bank. Rumah yang sudah di renovasi atau rumah baru maka appraisalnya akan tinggi.

#4 Di Kawasan Pinggir Pantai
Mungkin bagi anda yang menyukai rumah di pantai bersiaplah untuk kecewa karena bank akan menilai rumah tersebut rendah. Hal ini dikarenakan rumah di pinggir pantai ada kemungkinan abrasi, banjir rop, dan tsunami.

#5 Dalam Rencana Tata Ruang Kota
Ini yang paling pengembang suka. Mereka membeli tanah di daerah rencana pengembangan tata ruang kota karena potensi kenaikan harga. Tentu saja tim appraisal bank akan memberikan nilai yang tinggi.

Itu tadi rahasia appraisal dari pihak bank. Sebelum anda membeli rumah dengan sistem kpr agar nantinya tidak terjadi penambahan DP maka pelajari hal diatas. Karena kalau rumah yang anda incar di nilai bank rendah maka anda akan diminta menambah DP.

Ingin memiliki rumah yang dinilai bank tinggi tanpa menambah DP? silakan survey lokasi dengan tim Granada Property.

Semoga bermanfaat!

~ Jual Rumah di Tuban ~

Alhamdulillah 255++ orang telah kami bantu untuk mewujudkan impian punya rumahnya.

Yuk kami bantu anda mendapatkan rumah impian.

Granada Property
“Hunian Modern Cita Rasa Kearifan Lokal”

Tinggalkan Balasan