CIRI-CIRI ORANG MEMILIKI KEHIDUPAN YANG BAIK MENURUT ALI BIN ABI THALIB AS

rumah idaman

Kehidupan yg paling utama adalah kehidupan yg terbuka (open governance), kehidupan yg mampu membawa kedekatan & hubungan baik dgn semua manusia. Kehidupan seperti ini akan mendatangkan banyak teman & saudara, serta dapat mengikat hubungan ideologis emosional dgn mereka.

Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as ditanya, “Kehidupan apa yg paling utama di dunia?” Beliau menjawab, “Rumah yg luas & banyak teman” (Bihâr al-Anwâr, juz 74, hal., 178).

Pertama terkait dgn rumah yg luas. Makna “luas” disini bisa jadi luas ukurannya. Tapi ada makna substantif lain, yaitu “lapang” (terbuka serta selalu dikunjungi karib, masyarakat & sahabat).

Untuk memiliki rumah yg luas (lapang) tentu ada caranya. Kita boleh saja punya kekuasaan & kaya, lalu banyak yg datang untuk meminta. Tetapi pemberian uang seringkali tidak memiliki ikatan ideologis. Artinya, saat kaya kita dikerumuni banyak orang. Begitu jatuh miskin akan ditinggali. Tidak masalah, tugas kita memberi. Dan memang ada bentuk-bentuk pemberian yg memang tak perlu meminta imbalan/kembalian.

Saya ingin memberi syarahan lebih lanjut. Bahwa apa yg dikatakan Imam Ali bin Abi Thalib as tersebut dapat dikaitkan dgn beberapa dimensi kehidupan yg menjadi sumber kebahagiaan:

(1) Dimensi spiritual. Kehidupan yg membahagiakan adalah kehidupan yg kaya akan dimensi spiritual. Ini berupa keimanan & kedekatan dgn Tuhan, yg diperoleh melalui beragam ritual. Rumah kita patut menjadi salah ruang bagi dzikir & pengajian, tidak hanya bagi keluarga sendiri, tapi sesekali juga dgn mengun&g teman-teman.

(2) Dimensi intelektual. Kehidupan yg membahagiakan adalah kehidupan yg kaya akan pengetahuan, yg dibarengi kelapangan waktu kita untuk berbagi dgn masyarakat. Untuk itu, rumah kita juga dapat menjadi ruang belajar bagi siapa saja. Dengan ini kita juga memperoleh banyak murid & teman.

(3) Dimensi material. Kehidupan yg membahagiakan adalah kehidupan yg kaya akan dimensi material. Ini berupa kepemilikan harta/rumah yg luas, yg dibarengi sifat dermawan. Sering-seringlah mengun&g orang untuk makan di rumah. Bantulah orang-orang yg membutuhkan dgn harta anda. Jadilah pemilik rumah yg ringan tangan.

KESIMPULAN. Milikilah rumah yg “luas” & teman yg banyak. Milikilah homebase yg terbuka bagi semua, yg menawarkan berbagai modal: spiritual, intelektual & material.

Selagi masih muda milikilah rumah anda sendiri & lapangkanlah rumah anda sebagai balai pengajian, pengkajian & pencerahan. Insyaallah berkah.

:: Granada Property
“Perumahan Termurah Tuban”

Jl. KH Agus Salim 48 Tuban
Jawa Timur
Telp. 0812-1720-3342

Tinggalkan Balasan