BAGIAN-BAGIAN RUMAH YANG HARUS MENDAPATKAN PERAWATAN KHUSUS SAAT MUSIM HUJAN

Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga memiliki fungsi untuk melindungi kita dari panas dan hujan. Namun meskipun demikian, tidak jarang ada bagian-bagian rumah yang sudah tidak maksimal dalam memberikan perlindungan. Hal tersebut bisa dikarenakan kualitas bangunan atau memang karena kurangnya perawatan sehingga menyebabkan beberapa bagian rumah mengalami kerusakan. Terlebih pada saat musim hujan, selain atap yang rawan bocor, bagian-bagian lain dari rumah juga seringkali harus memerlukan perawatan khusus. Apa saja bagian-bagian rumah yang harus mendapatkan perawatan khusus saat musim hujan tersebut?

  1. Atap rumah

Pelindung utama pada rumah saat musim hujan adalah atap. Maka periksalah atap rumah Anda. Apabila ada yang melorot, segera betulkan dan ganti atap yang sudah rusak. Apabila atap terbuat dari asbes atau beton, perhatikan apakah ada retak. Jika terdapat retak lembut, Anda bisa melapisinya dengan pelapis anti bocor. Namun jika keretakannya besar, Anda harus membobok dan memplesternya kembali.

  1. Dinding

Dinding juga rawan mengalami rembesan air pada saat musim hujan. Rembesan air tersebut bisa membuat rumah terasa lembab sehingga tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dinding rumah Anda. Terutama dinding bagian luar perlu dilapisi anti air. Jika terdapat jamur, kerok kemudian cat ulang. Apabila ada keretakan pada dinding, Anda harus membobok dan memplester ulang sebelum mengaplikasikan pelapis anti air.

  1. Lantai

Jika lantai rumah Anda lebih rendah dari permukaan jalan, maka bisa dipastikan air hujan akan dapat masuk ke dalam rumah Anda saat musim hujan. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda merenovasi lantai rumah Anda sehingga menjadi lebih tinggi dari permukaan jalan.

  1. Saluran air

Jika di depan rumah Anda terdapat saluran air, periksa saluran tersebut serta bersihkan kotorannya agar air tidak tersumbat. Air hujan yang masuk ke dalam saluran air dan tersumbat dapat menyebabkan banjir.

  1. Lampu penerangan di luar rumah

Periksa kebel-kabel yang terhubung ke berbagai peralatan listrik di luar rumah, termasuk lampu penerangan. Apabila ada yang terkelupas segera lapisi. Karena jika terkena air bisa menyebabkan arus pendek dan bisa menyebabkan tersengat listrik bahkan kebakaran.

 

Musim hujan memang seringkali merepotkan sebagian orang. Namun jika Anda memperhatikan serta merawat bagian-bagian rumah tersebut di atas, maka suasana rumah akan tetap nyaman meskipun hujan.

Semoga bermanfaat.

Tagged with:

Tinggalkan Balasan