3 CARA MENGHEMAT AIR PDAM BIAR TAGIHAN ENGGAK BIKIN KANTONG KERING

Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) banyak digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Bila tak cermat, tagihannya bisa menguras isi kantong, lho! Ikuti cara menghemat air PDAM berikut ini agar tagihan tak jebol.

1. PASTIKAN Tidak Terdapat KEBOCORAN KERAN AIR PDAM

Setiap air yang mengalir, baik yang digunakan dengan sepengetahuan Kamu ataupun tidak, bakal tercatat pada meteran air yang sudah dipasang di rumah. Kamu juga wajib senantiasa membayar air yang yang bocor tersebut walaupun tidak digunakan sama sekali.

Maka itu lakukanlah pengecekan keran, pipa, serta saluran air yang lain di rumah secara teratur. Bila kebocoran yang terjadi pada keran ataupun pipa air pada bagian luar belum dapat dibetulkan, tampunglah air tersebut supaya bisa digunakan buat keperluan lagi.

Saran buat Kamu, rembesan yang terjadi pada wc ataupun kloset duduk dapat Kamu ketahui dengan memberikan zat warna ataupun pembersih kloset bercorak yang ditempatkan pada tangki. Metode lain untuk mengenali bila terdapat kebocoran yang terjadi adalah roda gigi yang senantiasa bergerak walaupun seluruh aliran air sudah dimatikan.

2. TAMPUNG AIR SEBAGAI CADANGAN

Metode ini dapat Kamu lakukan terutama di tengah masa hujan semacam ini. Taruh ember ataupun wadah- wadah yang lain di luar rumah, khususnya di bawah genting.

Kamu dapat menyimpannya serta memakainya buat menyiram tumbuhan ketika hari tengah kering. Jangan lupa tutup ember ataupun wadah tersebut supaya tidak jadi sarang nyamuk untuk bertelur.

Air tersebut juga dapat Kamu manfaatkan buat cuci motor ataupun mobil Kamu. Tetapi, jangan langsung gunakan air tersebut melainkan endapkan dahulu supaya pasir- pasirnya tidak turut terbawa serta menggores bagian bodi kendaraan Kamu.

3. LAKUKAN KALIBRASI ALAT PENGUKUR

Ketika Kamu sudah mencatat pemakaian air dengan seksama tetapi tagihan Kamu tetap membesar. Terdapat baiknya buat melaksanakan penyesuaian jumlah air yang keluar dengan laju pergerakan angka pada meteran( kalibrasi).

Bila air yang keluar lebih sedikit dari total angka yang meningkat, makan lekas laporkan pada petugas PDAM. Dengan begitu, Kamu akan mengetahui bila terdapat kesalahan yang terjadi pada PDAM ataupun terjadi kebocoran pada rumah Kamu. 

Semoga bermanfaat dan jadi inspirasi

Granada Property
“Hunian Modern Cita Rasa Kearifan Lokal”

Tinggalkan Balasan