3 ADAB BERTETANGGA YANG BAIK DI INDONESIA

Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, sebagaimana di dalam hadis Abu Hurairah Radhiallaahu anhu, “….Siapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya.” Dan di dalam riwayat lain disebutkan, “Hendaklah ia berprilaku baik terhadap tetangganya.” (Muttafaq’alaih).

Apa saja hal baik yang harus kita lakukan saat bertetangga?

1. Silaturahmi dan Sosialisasi
Perkenalkan diri dan keluarga Anda kepada tetangga ketika Anda pindah ke tempat baru atau ketika tetangga baru pindah. Ini akan membantu meringankan ketakutan atau ketegangan yang mungkin mereka miliki.

Perlu sesekali saling mengunjungi satu sama lain supaya keluarga dapat berinteraksi dengan cara yang konstruktif. Selain berbagi ide, mengundang mereka untuk makan malam pada akhir pekan atau menerima undangan mereka juga bisa menjadi alternatif. Asalkan, Anda harus tetap ingat batasannya.

2. Berbagi Ide dan Saling Membantu
Adab bertetangga yang baik adalah berbagi ide. Sebagai manusia wajar jika kita memiliki beberapa kekurangan dan keterbatasan dalam berfikir cepat. Nah tetangga yang baik akan senantiasa membantu memberikan masukan dan membantu pekerjaan sesama. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan memberikan masukan untuk masalah yang cukup sensitif.

Selain itu hendaknya anda memelihara hak-hak tetangga saat mereka tidak di rumah atau sedang bepergian. Berusahalah untuk ikut menjaga harta dan kehormatan mereka dari tangan-tangan orang jahil itu adalah cara membantu tetangga yang paling ringan untuk dilakukan.

3. Bersabar terhadap keburukan tetangga
Satu lagi adab yang perlu diperhatikan, ketika memiliki tetangga yang menyebalkan, tidak berarti kita harus melakukan hal yang sama. Jika kita mendapatkan ujian berupa tetangga yang seringkali membuat tidak nyaman, kita diajarkan untuk bersabar dalam menghadapinya.

Jangan coba mencari-cari kesalahan/kekeliruan mereka dan jangan pula bahagia bila mereka keliru, bahkan seharusnya seorang Muslim tidak memandang kekeliruan dan kealpaan mereka.

Alhamdulillah di semua perumahan Granada warganya guyup-rukun tentram dan harmonis. Meskipun berlatar belakang dari daerah yang berbeda dan berprofesi sebagai karyawan, dokter, direktur, nelayan, guru, dan pedagang mereka semua harmonis.

Saling membantu jika ada tetangganya yang membutuhkan bantuan. Tiap minggu juga sering mengadakan acara makan-makan bareng, bakar-bakar, lomba, senam, dan saling bertukar ide.

Tidak ada cerita julid atau gibah berjamaah seperti di kampung-kampung anda. Bukankah hidup yang harmonis dan saling toleransi itu yang anda impikan?

Nah jika anda juga ingin menjadi bagian dari keharmonisan hidup bertetangga, anda bisa join dengan mereka. Info tentang detail produk kami bisa WA di 081217203342.

Tinggalkan Balasan